Minggu, 03 Februari 2013

Syukur Minggu Pagi

Bagi pembaca yang telah melakukan aktivitas "sehat dan menyehatkan" pada waktu pagi di hari Minggu, mungkin postingan saya kali ini tidak begitu istimewa. Tetapi sekedar mengingat-ingatkan kita, mudah-mudahan postingan ini bisa memberikan manfaat.
Seandainya pembaca belum melakukan aktivitas "sehat dan menyehatkan" itu, maka ada rasa optimis kalau tulisan ini akan dapat memberikan "efek samping" yang positif.

Jika saya, mungkin memang belum rutin melakukannya, tetapi sudah beberapa pekan ini mencoba untuk "istiqamah" melakukan aktivitas yang kemudian saya maknai sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.

Waktu di hari minggu (pagi) merupakan suatu masa dimana bisa memberi banyak makna dan manfaat bagi masing-masing orang. Mereka yang pada malam Minggunya "begadang" maka Minggu pagi adalah saat untuk memperpanjang durasi tidur yang berkurang akibat aktivitas pada malam sebelumnya.
Mereka yang tidak ada melakukan apa-apa pada malam Minggunya, terkadang juga memanfaatkan minggu pagi untuk "menambah" durasi tidur atau sedikit lebih santai.
Bagi yang terbiasa beraktivitas, maka minggu pagi mungkin tidak akan berbeda jauh dengan waktu-waktu lainnya, tetap beraktivitas seperti biasa.
Bagi yang non muslim, mungkin minggu pagi adalah saat untuk bersiap-siap untuk "sembahyang".
Masih banyak lagi kemungkinan-kemungkinan yang dapat berlaku.

Hal yang akan saya bahas, sekedar berbagi pengalaman, adalah MELAKUKAN AKTIVITAS "BERKERINGAT" untuk memberikan kesempatan tubuh dan anggota tubuh bergerak-gerak, berolahraga atau sejenisnya.
Aktivitas yang dilakukan setelah sholat subuh dan minum teh untuk mengganjal perut yang kosong.

Pembaca yang berbahagia..

Bagi kita di Indonesia, hari Minggu adalah hari dimana sekolah/kantor LIBUR. Dengan kondisi tersebut, maka anak-anak dan orangtuanya akan dapat bersama-sama.
Sehingga, bagi saya dan mungkin juga pembaca yang lain, begitu terasa kualitasnya.

Lalu, mengapa judul yang saya beri adalah syukur minggu pagi ?
Apakah syukur hanya dilakukan pada waktu tersebut ? TENTU TIDAK !
Syukur harus dilakukan sepanjang waktu, karena nikmat dari Tuhan juga senantiasa kita terima sepanjang waktu. Kita sadari atau tidak !

Syukur di Minggu pagi merupakan perwujudan atas nikmat yang kita peroleh saat kita dapat berolahraga bersama keluarga, memberikan kesempatan tubuh kita untuk disehatkan, dan kesempatan untuk memuji kebesaran Tuhan melalui alam semesta yang diciptakanNya.

Saya tidak mengatakan , mereka yang hanya tidur-tiduran di Minggu pagi , adalah mereka yang tidak bersyukur. Terlalu sekali kalau saya memberi cap seperti itu !
Saya tidak dalam kapasitas menghakimi. Saya hanya mencoba berbagi..alangkah indahnya waktu di minggu pagi.

Udara yang masih bersih. Tubuh yang bersemangat. Niat yang bersih untuk menjaga kesehatan tubuh.
Kebersamaan. Keindahan. Rasa Syukur yang mendalam.

Alhamdulillah..
Segala Puji Bagi Tuhan Semesta Alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar