Sabtu, 16 Februari 2013

ZRM : Features For Life

Saya yakin, hampir semua pembaca pernah menggunakan aplikasi yang berkaitan dengan gambar/object. Entah itu image processor, viewer, atau aplikasi lain yang memiliki fitur-fitur  image viewer, yaitu fitur  ; zooming , rotate , dan mirror (ZRM)

Zooming kita gunakan saat kita ingin melihat lebih dekat (zoom in) atau lebih jauh (zoom out) , rotate merupakan fitur untuk merubah posisi image/object pada sudut-sudut yang dikehendaki. Serta mirror berfungsi membalikkan (cermin) gambar yang dimaksud.

Dengan inspirasi ketiga fitur diatas, maka saya mencoba sharing tentang bagaimana mengaplikasikan manfaat "fitur-fitur" tersebut dalam kehidupan yang kita jalani.

Hidup yang dialami oleh masing-masing diri, pada saat-saat tertentu akan mengalami permasalahan (problems) atau mengetahui adanya permasalahan (problems) yang dihadapi oleh yang lain. pada saat permasalahan datang, maka mari kita coba gunakan fitur ZRM.

Selama ini , ketika sebuah permasalahan datang, maka sudut pandang kita cenderung TAK BERUBAH pada permasalahan tersebut. Sehingga lupa akan alternatif-alternatif pemecahan masalah lainnya atau hanya menyelesaikan symptom, bukan akar masalahnya.
Dengan menggunakan cara kerja fitur ZOOMING, maka alangkah arifnya jika kemudian permasalahan tersebut kita teropong LEBIH DALAM (zoom in), agar menemukan INTI persoalan yang sebenarnya. Atau dengan zoom out, kita mencoba melihat persoalan itu lebih "jauh" -- agar kita mampu menemukan "hal-hal" lain yang mungkin tertutup selama ini.

Fitur Rotate kita gunakan untuk memberikan berbagai point of view. Jika zooming tidak merubah posisi OBJECT (dalam hal ini adalah permasalahan), maka Rotate akan memudahkan kita "memutar-mutar" apa yang kita hadapi untuk melihat secara lebih komprehensif.
Hal ini karena sebuah persoalan terkadang harus di "jungkir balikkan" dulu, agar kita dapat melihat celah mana yang dapat digunakan untuk menyelesaikannya.

Mirror merupakan upaya untuk merefleksikan diri kita, seandainya "persoalan" itu tidak terpecahkan. Apa jadinya diri kita jika selalu dalam kondisi bermasalah ? Sehingga hal ini akan memotivasi dalam pencarian penyelesaian yang sebaik-baiknya.

Seandainya fitur ZRM ini digunakan untuk "meneropong" persoalan saudara - saudara kita, maka zooming dan rotate akan mampu membuat kita "mencarikan" penyelesaian masalahnya dengan totalitas, dan mirror memposisikan kita pada pihak yang EMPATI terhadap persoalan yang dihadapinya.

Saya percaya anda punya kemampuan untuk melakukan ZRM terhadap setiap hal yang anda hadapi dan temui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar