Rabu, 27 Maret 2013

Win or Loss = Learning

[Tulisan ini mengambil inspirasi dari perbincangan dengan beberapa teman sebelumnya]

Selama ini yang ada dalam kosa kata kita saat adanya sebuah pertandingan/kejuaraan, hasil akhir yang dicapai adalah Win (menag) atau Loss (kalah). Mungkin jika ada hasil imbang (draw) , maka kita mengambil kesimpulan bahwa keadaan sama kuat atau seri.
Kesimpulan yang tidak salah, bahkan sampai saat ini, karena memang demikian adanya dan juga karena literatur-literatur juga memberikan informasi dan pengetahuan seperti itu.

Tulisan ini hanya mencoba memberikan sebuah cakrawala pemikiran lain, bahwa hasil yang ada dalam sebuah pertandingan, pada hakekatnya adalah LEARNING (pembelajaran). Apakah kita ada posisi pemenang, yang menderita kekalahan, atau saat itu sama kuat.
Ketiga alternatif yang mungkin terjadi, seyogyanya memberikan hasil yang namanya learning (pembelajaran).

Disaat suatu pihak berada pada posisi pemenang, namun lupa mengambil pelajaran, maka sebenarnya dia kalah !
Disaat suatu pihak berada pada posisi kalah, namun tidak lupa mengambil pelajaran, maka sebenarnya dia menang !
Begitu juga, ketika hasil sama kuat terjadi, siapa yang mampu mengambil pelajaran, maka dialah pemenang sejati !

Statement yang saya sampaikan tentu bisa mengundang perdebatan, karena para pembaca semua tentu juga memiliki alur pikiran sendiri. Itu boleh boleh saja, sebagaimana tulisan ini kemudian menggiring pembaca semua ke pemikiran yang saya sampaikan.

Hal tersebut karena pada hakekatnya , segala sesuatu itu dipergilirkan ! Hari ini kalah, besok belum tentu/ Hari ini menang, besok belum tentu.

Sang pemenang sejati adalah yang mampu menjadikan moment-moment yang dialaminya sebagai sebuah proses belajar. Pembelajaran untuk menjadi yang terbaik ! Belajar untuk bersabar, belajar untuk bersyukur, belajar menghargai yang berbeda posisi, belajar untuk tidak arogan, belajar untuk selalu mengambil hikmah atas apa yang terjadi.

Salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar