Minggu, 27 Januari 2013

"Running Business" EveryDay

Sejak seseorang telah mukallaf atau akil baligh , maka secara de facto dan de jure, yang bersangkutan telah menjadi seorang manager dan leader sekaligus employee. Untuk sebuah perusahaan atau organisasi yang bernama Yourself Inc.
[dibaca : perusahaan dengan nama yang bersangkutan--masing-masing]

Sebentar, perlu saya garisbawahi bahwa perusahaan atau organisasi ini adalah dalam makna yang sedikit berbeda dengan pengertian yang selama ini kita ketahui. Oleh sebab itu judulnya saya beri tanda petik, "running business".

 Perusahaan/organisasi ini mungkin tidak memiliki kecukupan syarat sebagaimana yang ada di dunia nyata. tetapi prinsip dan analogi yang ada, dapat diaplikasikan ke dalam perusahaan/organisasi yang lebih ke makna "abstrak" tetapi "nyata".
Bingung ?
Sederhananya, anda adalah sebuah perusahaan atau organisasi.

Pembaca yang berbahagia...

Dengan kesempurnaan yang telah diberikan Tuhan kepada kita [meskipun ada yang "kekurangan" tetapi Allah SWT memberikan "kelebihan" - karena sifat Maha AdilNya) -- , maka pada diri kita masing-masing terkumpul elemen-elemen penting sebuah organisasi/perusahaan ;

1. Otak/Pikiran -- merupakan sistem informasi yang akan mensupplai kebutuhan "Yourself Inc." dengan data/informasi yang diperlukan. Proses pengolahan dan didukung "memori" sebagai sebuah database yang kuat, akan memberikan kemampuan untuk menghadapi simpang-siurnya informasi/data/pengetahuan yang ada dalam kehidupan kita.

2. Panca Indra -- merupakan "agent" dalam kehidupan. Panca indra akan menjadi "mata-mata" persaingan kehidupan dan juga menjadi "mata-mata" untuk belajar menjadi lebih baik. Sensor dan sensifitas yang dimiliki akan mampu memberikan "early warning system" terhadap sesuatu.

3. Anggota tubuh (kaki/tangan) -- menjadi "human resources department" , merekalah tenaga kerja dalam mewujudkan visi/misi "Yourself Inc.".

4. Hati/perasaaan-- merupakan R & D [berkoordinasi dengan otak/pikiran] -- dari bagian inilah muncul keinginan untuk berbuat amal sholeh dan menjauhi maksiat.
Hati/perasaan akan mendorong diri kita untuk berbuat maksimal mencapai "target" yang telah ditetapkan.

5. Bagian marketing -- adalah sinergi dari seluruh anggota tubuh.

6. Bagian tubuh lainnya -- menjadi sub-sub sistem yang mendukung kinerja "Yourself Inc." secara keseluruhan. Ibarat komponen-komponen kecil dalam sebuah "rangkaian mesin jam", maka keberadaan mereka juga penting.

 Pembaca...
Tentu pemisalan yang saya sampaikan masih bisa dikoreksi, dilengkapi, atau dimodifikasi. Silahkan..
Yang menjadi poin dalam tulisan saya kali ini adalah : diri kita masing-masing adalah sebuah organisasi yang tidak berbeda jauh dengan organiasi selama ini kita kenal.

Dalam pengelolaan perusahaan/organiasi--atau dalam menjalankan bisnis/usaha (running business) , maka kita tentu ingin bisnis tersebut berjalan menguntungkan.
Selama pikiran masih normal, maka tidak ada yang ingin perusahaannya loss/rugi.

Keuntungan tersebut tentu bisa bernama kesuksesan, kebahagiaan, pahala, dan balasan surga dari Allah SWT.
Kerugian mungkin bisa berbentuk ketidakbahagiaan, kegagalan, dosa, dan lainnya.

Bagaimana agar perusahaan beruntung, maka tentu kita akan mengoptimalkan kinerja dari setiap bagian dari perusahaan kita.
Melakukan proses manajemen (planning, organizing, actuating, controllling) dapat dilakukan dalam diri kita.
Mengupgrade skill dan pengetahuan juga mesti dilakukan.
Corporate Social Responsibilities (CSR) juga tidak boleh dilupakan melalui mekanisme pembersihan / zakat.

Percayalah..
Kita sedang mengelola perusahaan kita masing-masing.
"Yourself Inc." akan sukses tergantung bagaimana anda mengelolanya
Fastabiqul khairat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar