Minggu, 23 Desember 2012

Kaleidoskop Diri

Sudah memasuki akhir tahun 2012. Kita akan diramaikan dengan berbagai acara TV bertajuk kaleidoskop , mulai dari kaleidoskop politik, olahraga, peristiwa dalam negeri, luar negeri, selebriti, atau dengan embel-embel lainnya. Yang jelas, stasiun TV mencoba merangkai kepingan-kepingan berita dan informasi sepanjang tahun (dari Januari sampai tayangan tersebut on-air) kepada para pemirsanya. Dengan tujuan, kita akan memperoleh "gambaran besar" tentang hal yang terkait dengan tajuk yang diusung.
Kalau dicoba pengertian lain, kaleidoskop juga diartikan sebagai sebuah alat semacam teropong yang bisa memberikan "penglihatan luas (wide-view) yang umumnya memiliki potongan-potongan lensa yang berwarna-warni sehingga menjadikannya indah.

Saya yakin, sebagian besar pembaca tidak asing dengan kata kaleidoskop tersebut. Untuk itu saya meminjam kata tersebut dengan makna yang sama, yang saya akan kaitkan dengan diri (kita) masing-masing. Benar pembaca, DIRI (anda sendiri, termasuk untuk diri saya sendiri !)

Waktu memang tak akan berhenti , sampai Sang Pemilik Waktu (baca : Tuhan Yang Maha Esa) membuatnya berhenti ! Kita yang menempuh tahun 2011 kemaren, rasanya masih terbayang bagaimana suasana yang kita alami saat pergantian ke tahun 2012. Sekarang, lebih kurang satu pekan lagi, tahun 2012 akan berganti ke 2013. Insya Allah.

Setiap pergantian tahun, atau saat mau memasuki bulan Januari, sebagaimana nama bulan Januari yang diambil dari nama dewa Yunani, JANUS (dewa bermuka dua-satu menghadap ke depan dan satu kebelakang), maka ada dua hal yang akan kita lakukan (biasanya).
1. Mengevaluasi "kinerja" kita selama satu tahun
2. Merencanakan hal-hal yang akan kita lakukan selama satu tahun (atau lebih) di tahun berikutnya.

Pembaca yang berbahagia..

Kita HANYA membahas bagian 1 -- "muka" menghadap ke belakang. Kita akan flashback ke masa lalu. Semacam melakukan time-travel. Mulai dari Januari, Februari, dan seterusnya. Merangkai perjalanan hidup kita menjadi semacam kaleidoskop. Kaleidoskop Diri.

Apa yang anda akan peroleh ? Tentu jawabnya tergantung masing-masing.
Perjalanan hidup anda, sampai ke yang sekecil-kecilnya,  HANYA anda dan Tuhan saja yang tahu !
Tetapi ketika kita mengambil "kepingan-kepingan" besar, maka mungkin ada yang lain mengetahuinya.

Jika memang demikian, penilaian orang terhadap diri anda, selain  bagaimana juga anda "memotret" diri sendiri, TERLEBIH bagaimana diri anda dihadapan TUHAN menjadi sesuatu yang HARUS dievaluasi !

Sudah seberapa "BAIK" nilai kita. Rapor kita.
Sudah seberapa "BAGUS" prestasi dan capaian kita.
Sudah seberapa "LUAR BIASA" nya kehidupan yang indah ini dijalani.
Suidah seberapa "SYUKUR" nya kita.
Sudah seberapa "SABAR" nya kita.
atau
Sudah sejahat apakah kita ?
Sudah berapa banyak KORUPSI secara sadar atau tidak kita lakukan ?
dan lain sebagainya.

Pembaca yang sama-sama mengharapkan hari esok lebih baik dari hari ini..

Daftar tersebut akan semakin panjang, jika kita mau "sedikit sabar" melakukan perjalanan kaleidoskop tersebut. Jujur dan mau mengingat kejadian-kejadian lalu. Bukan untuk yang baik-baik saja, juga untuk yang tidak/kurang baik !
Saya percaya, kita memiliki "style" masing-masing saat membuat KALEIDISKOP DIRI masing-masing.

Tahun 2012 tinggal beberapa hari lagi !
Entah apakah kita memang bisa "menginjakkan" kaki di tahun 2013. Hanya Tuhan Yang Maha Tahu.

Wallahu'alam bisshawab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar