Selasa, 04 Desember 2012

Practice Makes Perfect

Dikisahkan pada suatu masa , terdapatlah sebuah kerajaan yang memiliki seorang panglima perang yang mahir memanah. Untuk menunjukkan kepada rakyatnya, maka saat sang panglima akan dinaikkan jabatannya menjadi pemimpin khusus pasukan pemanah, maka raja mengundang rakyatnya untuk datang ke alun-alun menyaksikan kepiawaian sang panglima.

Pada hari yang telah ditentukan, alun-alun telah disesaki oleh rakyat yang ingin menyaksikan secara langsung kehebatan sang panglima. Ditengah alun-alun terlihat sang panglima telah berdiri sambil memegang busur dan anak panah. Sementara pada jarak yang cukup jauh berdiri "target" --yaitu seorang prajurit yang di kepalanya diletakan sebuah jeruk. Sang panglima melepas anak panahnya, dan..anak panah tersebut menancap tepat pada buah jeruk tadi. Rakyat yang hadir bergemuruh dan bertepuk tangan memuji kehebatan sang panglima.

Rupanya masih belum cukup, "target" kemudian mengganti jeruk dengan buah duku yang lebih kecil dan bergerak lebih menjauhi sang panglima. Sesaat kemudian , sang panglima menarik busur dan melepas anak panahnya, dan..buah duku itu pun tertembus anak panah.Hebat dan luar biasa !

Begitu dilakukan berulang-ulang. Tidak ada sasaran yang luput dari anak panah sang panglima. Rakyat pun mengakui dan takjub akan kehebatannya. Rakyat yang hadir di alun-alun SEPAKAT bahwa sang panglima pantas dianugerahi jabatan yang lebih tinggi.

Ketika upacara penganugerahan jabatan pemimpin pasukan khusus akan dilaksanakan.
Tiba-tiba !

"Bagi ku kehebatan yang akan ku tunjukkan juga akan membuat kalian terpesaona !" terdengar suara yang cukup keras dan membuat semua mata memandang orang yang bersuara tersebut. Suasana menjadi begitu sunyinya ! Muncul seorang tua yang membawa pikulan. Semua orang heran dan tidak mengerti kenapa bapak tua itu melakukan hal tersebut.

"Apa maksudmu bapak tua !" seorang panglima lain membentak, karena menurutnya bapak tua ini telah menganggu prosesi acara.
Tetapi karena sang raja tidak memerintahkan orang tua itu di bawa keluar alun-alun, dan malah sepertinya sang raja juga ingin mengetahui maksud bapak tua, maka semua orang menunggu apa yang terjadi berikutnya.

"Ma'af baginda raja.." bapak tua itu menghormat kepada sang raja dan kemudian melanjutkan, "saya juga punya kepandaian yang "hebat"  yang ingin saya tunjukkan kepada yang hadir. Agar mereka tahu bahwa nothing is impossible--tidak ada yang tidak mungkin !"

"Maksud anda ?" bertanya salah seorang diantara rakyat yang masih belum mengerti.

Tanpa menjawab, bapak tua itu lalu menurunkan pikulannnya. Dalam salah satu pikulannnya terdapat banyak botol dalam berbagai ukuran. Sementara pikilun lainnya berisikan cairan. Ternyata orang tua ini merupakan penjual minyak keliling. Ia kemudian menyusun botol-botol yang bervariasi ukuran lubang botolnya tadi sedemikian rupa. Lalu dengan kecepatan yang "luar biasa" , bapak tua itu mengambil minyak yang ada dalam pikulunnya dan dengan cekatan dimasukannya ke dalam setiap botol berbagai ukuran tersebut.
Amazing ! Tidak ada setetes minyak pun yang tumpah .
Orang-orang terpana dan bertepuk tangan.

Dengan takzim bapak tua itu menghormat kepada baginda raja dan kemudian berkata :
" Saya hanya ingin menunjukkan bahwa kehebatan sang panglima bukan sesuatu yang tidak mungkin dicapai. Sama seperti kepandaian saya yang terlihat begitu hebat ! Kuncinya adalah latihan dan membiasakan diri dengan itu " !

Panglima yang ahli memanah itu pun kemudian ikut " Memang benar apa yang disampaikan bapak tua ini, jangan kalian menganggap kehebatan memanahku tidak bisa ditiru, yakinlah..dan teruslah berlatih !"

Rakyat pun kemudian bubar. Mereka mengambil HIKMAH PENTING, bahwa segala sesuatu akan bisa dicapai jika latihan keras dan tekun dilakukan tanpa mengenal patah semangat.

Practice Makes Perfect ..latihan akan menjadikan sempurna !

Pembaca yang berbahagia..

Telah banyak bukti dan informasi tentang bagaimana orang-orang hebat dan berhasil karena kerja keras dan LATIHAN , serta LATIHAN, serta LATIHAN yang mereka lakukan. Sebut saja , Pele, Steffi Graf , Lionel Messi, Sharapova, dan lain-lain.
Jika dalam bisnis, sebut saja Bill Gates, atau Steve Jobs, dan lain-lain, yang dari literatur yang ada begitu fokus dan konsisten serta tak patah semangat untuk mencapai "TERBAIK" !

Kalau demikian adanya, tentu seorang pelajar/mahasiswa juga akan terus berlatih soal-soal ujian agar berhasil dalam ujian.
Berhubung UAS akan datang, maka saya ucapkan selamat berlatih dengan soal-soal yang ada.

Teruslah Berlatih
Tuhan akan memberikan hasil sesuai apa yang anda usahakan !

[pada bagian download link--untuk mahasiswa MK Anggaran terdapat soal UAS sebelumnya yang bisa dijadikan sarana latihan]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar