Selasa, 28 Agustus 2012

Islamic Daily Habits

Pembaca yang berbahagia. Sebelum saya bergabung dengan blogspot.com , saya pernah mencoba memposting tulisan lewat dagdigdug.com , berhubung sudah tidak aktif lagi, maka saya "ambil" kembali postingan tersebut untuk saya share ke pembaca blog saya ini. Komentar dan masukan saya tunggu selalu atas postingan-postingan yang saya lakukan. terimakasih.

7

Bicara angka 7, rasanya banyak yang bisa dikaitkan. Kisah penciptaan langit dan bumi yang dalam 7 hari, 7 lapis langit, 7 rahasia hidup bahagia, 7 kebiasaan efektif, sampai beberapa pemain top sepakbola dunia memakai nomor 7, salah satunya CR7. 7 juga menjadi jumlah hari dalam seminggu. Masih banyak yang lain, walaupun angka-angka lain juga penuh makna. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi tentang 7 yang lainMungkin bagi kita 7 kebiasaan dari Stephen Covey sudah tidak asing lagi. Tetapi saudara kita Harjani Hefni menawarkan 7 kebiasaan yang berdasarkan Al Fatihah dalam bukunya. Menurut saya mungkin bagi kita hal tersebut sangat perlu menjadi habit. Kebiasaan yang bersumber kepada ayat-ayat dari surat Al Fatihah (ummul al qur’an)
1. Senantiasa memulai setiap pekerjaan dengan membaca bismillah. Ada cerita setan gemuk dan setan kurus, dimana setan gemuk menjadi gemuk karena bertugas pada muslim yang tak pernah baca bismillah. sedangkan setan yang kurus bertugas pada muslim yang selalu membaca bismillah

2. Senantiasa bersyukur kepada Allah.Begitu banyak hal-hal yang harus kita syukuri ketimbang hal-hal yang belum kita miliki. Coba buat list, maka apa-apa yang kita miliki dan bisa masih begitu banyak dibanding ketidakbisaan kita atau kekurangan kita.
3. Berprasangka baik kepada Allah. Tiada yang tahu apa yang akan terjadi. Segalanya menjadi rahasia Sang pencipta. Seperti cerita saya tentang petani miskin dan kudanya beberapa hari yang lalu.
4. Berorientasi akhirat. Apapun aktifitas kita, harusnya kita menjadi akhirat-oriented, “apakah semua yang saya lakukan, bisa menjadi amal penolong nantinya di akhirat?”. Jika kita cari akhirat, dunia Insya Allah akan mengikuti.
5. Beribadah dan berdo’a. Dari awal bangun sampai mau tidur hendaknya menjadi ibadah dan do’a bagi kita. Karena sesungguhnya ibadah bukan hanya yang ritual, asal niat ibadah dan dilakukan dengan ikhlas maka bernilai ibadahlah ia.

6. Konsisten dan komitmen. Batu yang dipukul oleh pemecah batu pecah bukan karena pukulan terakhir, tapi karena dipukul terus menerus. Kita perlu memiliki daya juang dan semangat untuk tidak pernah putus asa.
7.Intropeksi dan becermin atau belajar dengan sekitarnya . Begitu banyak makna dari peristiwa yang terjadi.

Mari kita mencoba membiasakan diri dengan hal tersebut. Semoga bermanfaat dan hidup menjadi lebih berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar