Minggu, 25 November 2012

Innovate Your Life ^

Sudah bawaannya manusia untuk kadang-kadang merasa jenuh dengan apa yang dilakukannya dalam hidup.Tabiat dasar setiap manusia yang tidak senang berada dalam satu keadaan yang sama (itu ke itu saja)  maka Allah SWT.  menciptakan banyak warna dan aneka ragam ciptaanNya agar dapat memberikan "anti-jenuh" dalam hidup manusia.

Salah satu upaya yang mesti dilakukan oleh manusia agar tidak merasa monoton dalam hidupnya, maka kita perlu melakukan inovasi  terhadap hidup kita ! INOVASI, kata yang selama ini mungkin sudah kita akrabi, tetapi sering kita alamatkan hanya untuk proses produksi sebuah perusahaan atau produk itu sendiri.
Padahal konsep INOVASI dapat juga kita terapkan dalam kehidupan kita.

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang how to innovate our life, maka kita pahami dulu bahwa berinovasi adalah dalam rangka melakukan perbaikan dalam hidup.Hal ini karena Rasulullah mengatakan bahwa ; "barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemaren, maka dia merugi, barangsiapa yang hari ini lebih buruk/jelek dari hari kemaren maka dia celaka, dan barangsiapa yang hari ini LEBIH BAIK dari hari kemaren, maka dia beruntung "

Dalam manajemen ada istilah continuous improvement yang artinya perbaikan terus menerus, atau dikenal dengan istilah Kaizen. Terminologi yang sudah dikenal lama dalam literatur Islam.

Saya ingin sampaikan bahwa melakukan perbaikan atau inovasi pada dasarnya adalah melakukan upaya pembedaan dengan apa yang telah ada sebelumnya. Tetapi harap diingat ; "SETIAP YANG BERBEDA BELUM TENTU BAIK, TETAPI SETIAP YANG BAIK ITU AKAN MEMBERIKAN PERBEDAAN"

Bagaimana kita melakukan inovasi dalam hidup kita ?

1. Menyadari sepenuhnya akan siapa diri kita , kelemahan dan kekuatan kita, lingkungan dimana kita tinggal , tanggungjawab dan tujuan hidup kita.

2. Melakukan proses ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) -- proses yang banyak dilakukan pelaku bisnis.
Amati -- Kita lihat secara seksama "apa-apa yang ada di sekeliling kita. Lihat bagaimana orang-orang berhasil/sukses dan orang-orang bahagia menjalani hidup. lalu lihat juga bagaimana orang-orang yang gagal/tidak bahagia menjalani hidupnya. Ambil pelajaran dari hal itu. Selalu bersyukur kalau Tuhan masih meberikan kesempatan untuk memperbaiki diri
Tiru -- belajarlah dari yang terbaik (best practices). Orang-orang yang berahsil akan meninggalkan jejak (mengutip Tung Desem Waringin), artinya kita bisa mempelajari rahasia sukses mereka. Melalui buku atau belajar langsung. Sebaik-baik orang yang pantas kita tiru adalah Rasulullah SAW.
Modifikasi -- artinya kembangkan dan lakukan penyesuaian dengan kondisi kita. Sesuai keadaan dan kondisi kita. Ingat modifikasi bukan berarti mengubah apa yang sudah baik dari orang yang kita contoh, tetapi melakukan/membuat LEBIH BANYAK kebaikan/prestasi lagi.

3. Istiqamah/konsisten melakukan upaya perbaikan dan senantiasa menjadikan hari-hari yang dihadapi sebagai waktu-waktu dimana kita AKAN MEMBUAT LEBIH BANYAK prestasi dan kebaikan.

Ilustrasinya kira-kira begini :
Jika anda mahasiswa yang menjalani hidup begitu-begitu saja ; kuliah--mengerjakan tugas--pulang kampung--belajar--ujian--dan lain lain, maka lakukan inovasi dengan (antara lain--sisanya bisa dilakukan);
a. Benahi tempat tinggal/kos, lakukan perubahan lay-out yang menyebabkan saat belajar suasana menjadi lebih kondusif
b. Berteman dengan orang-orang yang terkenal baik/berhasil--bukan pilih-pilih teman--tapi dalam rangka belajar.
c. Menjadi "sponge" --busa penyerap ilmu pengetahuan, kapan saja, dimana saja, dan dari sispa saja
d. Menantang diri untuk mau berbuat LEBIH --lebih baik, lebih cepat, lebih banyak, dan lain-lain.
e.Saat bertemu orang-tua, lebih banyak bercengkrama dan lebih memperhatikan mereka.
f. Memperbaiki ibadah kepada Yang Maha Kuasa, perbanyak sedekah dan memperbanyak membaca Kitab Suci.
g. Berdo'a dan tawaqqal pada Allah SWT.

Insya Allah , inovasi yang anda lakukan dalam hidup akan membawa hidup anda lebih bermakna.
Meaningfull Life !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar