Jumat, 02 November 2012

SNMBI Prodi Manajemen FE UNP 2012

The Passion Within

"Hilangnya" saya beberapa hari , karena masuk "pusaran" persiapan Seminar Nasional Manajemen Bisnis di Indonesia yang di gagas oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Tema "New Challenges on Business Management in Indonesia" betul-betul menjadi tantangan bagi kami, para panitia, untuk menyelenggarakan acara yang bermanfaat dan memuaskan para peserta. Alhamdulillah, acara yang digelar kemaren (1/11/12) berjalan dengan SUKSES . Meskipun ada kekurangan di beberapa bagian, secara keseluruhan, kami berharap acara itu berjalan baik dan para peserta dapat memaklumi dan memberi ma'af atas kekurangan yang terjadi.

Gairah untuk mengangkatkan Seminar Nasional sekaligus Call for Papers yang "tidak hanya sekedar Seminar dan Call for Papers" sudah kami mulai dengan menargetkan Bapak Dahlan Iskan (disingkat DI, Menteri BUMN) sebagai keynote speaker pada awalnya. Komunikasi dan koordinasi yang intens dengan "orang-orangnya" DI sampai beberapa hari sebelum tanggal pelaksanaan TIDAK MENGINDIKASIKAN adanya perubahan. Bahkan kami dari panitia juga telah menyiapkan acara pertemuan DI dengan ribuan mahasiswa UNP dan menyiapkan acara Economic Expo (bazar Kewirausahaan) , tentunya bekerjasama bagian kemahasiswaan Fakultas dan Universitas.
Tetapi Allah berkehendak lain, karena ada hal yang menyebabkan DI tidak bisa ke Padang, maka Menteri BUMN RI tersebut batal ke SNMBI. Bahkan dengan pertimbangan "logis" yang disampaikan juga oleh Kementrian BUMN , maka DI tidak mendisposisikannya ke bawahan beliau.
Mudah-mudahan niat untuk mendatangkan Menteri sebagai keynote speaker di SNMBI Prodi Manajemen FE UNP dapat terwujud di lain waktu. Insya Allah..

Passion untuk tidak mengecewakan para undangan dan calon peserta yang telah diinformasikan melalui leaflet, email, dan sarana komunikasi lainnya, TETAP kami pertahankan dengan kemudian mensetting SNMBI ini dengan format yang kemudian tersaji pada hari pelaksanaan kemaren. Sekali lagi, segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, SNMBI berjalan baik. Terimakasih kepada sponsor utama kami, PT. Pegadaian (Persero), pendukung lainnya (PT. SP, BSM, Bank Nagari, Classy FM), pihak Gubernuran, pihak Walikota Padang, para undangan, peserta, dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya SNMBI ini. Kepada rekan-rekan panitia (dari dosen, staf fakultas, dan mahasiswa) kita memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya.

Secara kronologis, SNMBI ini diawali MC, tilawah AL Qur'an, laporan ketua panitia pelaksana, sambutan Dekan FE UNP , sambutan dan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Gubernur Sumbar (dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli beliau), dan pembacaan do'a yang benar-benar membawa suasana khidmat. Semoga SNMBI ini diberkahiNya dan mampu berkontribusi positif bagi keilmuan dan negara RI.

Keynote Speech oleh Direktur Pegadaian (Persero) dilanjutkan sesi panel dengan 2 (dua) pembicara , kemudian setelah break siang, maka acara dilanjutkan dengan sesi paralel (4 kelompok , yaitu UMKM, Keuangan, Pemasaran, dan SDM), dan kemudian penutupan (dimana ada doorprize yang di bagikan ke peserta yang beruntung) 

Gairah (passion) ternyata juga menjadi MENU utama dari  bapak T. Hani Handoko (praktisi bisnis dan dosen senior FEB UGM) yang kemudian lebih senang disebut seorang DOSEN sebagai panelis. Dengan kepiawaian beliau , maka mampu "menyihir" pada peserta untuk mengambil poin-poin penting dengan selingan humor yang cerdas. Prof Yasri pun memberikan penguatan melalui pemaparan yang beliau sampaikan.

Rasanya saya ingin bercerita lebih banyak lagi tentang SNMBI Prodi Manajemen FE UNP tersebut. Tetapi mungkin beberapa paragraf diatas telah cukup memberikan gambaran betapa PASSION hadir di acara yang dicanangkan menjadi agenda rutin Prodi Manajemen FE UNP. Mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan sampai pasca pelaksanaannya.

See You In Next SNMBI !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar