Selasa, 23 Oktober 2012

KO >>><<< OK

Sekitar tahun 1990-an, saya pernah melihat sebuah iklan "layanan masyarakat" di harian nasional. Iklan tersebut terkesan minimalis karena hanya menampilkan beberapa huruf permainan scrabble yang terserak , dan dua buah huruf yang tersusun di tempatnya, membentuk kata "OK". Kemudian ada kata-kata , yang lebih kurang isinya "hidup adalah bagaimana kita "pandai" memainkannya".

Apa maksudnya ?

Bagi yang mengetahui permainan susun kata "scrabble"  tentu tahu bahwa untuk memenangi "permainan" tersebut, kita harus bisa menyusun kata-kata yang bernilai tinggi (plus tentunya dengan memperoleh "bonus" double/triple di papannya). Seandainya kemudian kita memperoleh sebuah huruf "O" yang nilainya 1 dan sebuah huruf "K" yang nilainya 5 , dan kemudian kita hanya bisa menaruh di papan tanpa memperoleh double/triple, apa yang akan kita buat ?

Mungkin bagi yang berpikir pendek, kemudian tidak mempermasalahkan, apakah OK atau KO , karena BERNILAI sama. Sama-sama 6 ! 
Tetapi disinilah beda "persepsi" yang akan muncul dan sekaligus kita bisa menilai bagaimana "konsep" HIDUP yang diyakini seseorang .

KO sangat berbeda dengan OK.
KO = Knock Out yang artinya KALAH dan tidak bisa bangkit lagi !
OK = okay -- baik/tidak ada persoalan ! Awalnya muncul istilah OK dari literatur yang saya baca adalah, ketika pada saat peperangan dunia I (kalau tidak salah, pen.) , maka biasanya pasukan yang pulan dari medan pertempuran akan memberitahu "posko/markas" tentang berapa korban yang jatuh di pihak mereka. Hal ini agar posko/markas bersiap-siap dengan peralatan dan hal-hal yang diperlukan. Pasukan yang datang biasanya memberitahu dari jauh dengan sebuah papan dengan tulisan besar agar terlihat dari jauh (maklum saja, saat itu belum ada handphone !).
Ketika tidak ada korban yang jatuh, maka papan akan ditulis 0 killed (artinya tidak ada yang terbunuh!).
Tentu ini kabar gembira !

Sejak itu, jika ada informasi yang ingin disampaikan, dimana pada intinya "semua baik-baik saja" , maka dipakai OK !

Kembali kita ke pembahasan "konsep" hidup, maka setiap diri kita akan memperoleh "huruf-huruf" yang HARUS dimainkan dalam hidup. Mungkin bisa berupa peluang, kelebihan diri, kelemahan diri, relasi, teman, keluarga, dan lain sebagainya (POSITIF maupun NEGATIF). Maka KESUKSESAN, KEBERHASILAN, dan KEBAHAGIAAN, kita tergantung dari bagaimana kita MEMAINKANNYA "huruf-huruf" kita tadi.
Jangan galau dengan "huruf-huruf" orang lain, tetapi jangan pula menyesali "huruf-huruf" apa yang kita miliki. Jalanilah "permainan" hidup ini dengan sebaik-baiknya !

Salah kita memainkannya, maka mungkin kondisi "KO" yang akan kita peroleh.
Benar kita memainkannya, Insya Allah, kondisi "OK" yang akan kita jalani.

Selamat "Bermain" !
Semoga Bahagia Selalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar