Senin, 22 Oktober 2012

Monday Sick

I don't like Monday ! Ternyata menjadi kalimat yang sering tidak tertahankan "keluar" dari mereka yang harus beraktifitas pada hari itu. Jika tidak sampai "keluar" , maka kalimat tersebut tertahan dalam hati ! Mungkin para pembaca pernah mengalami, termasuk saya.

Sebuah kondisi yang manusiawi, karena paling tidak ada 3 (tiga) hal yang memperkuat terjadinya "penyakit hari senin" itu ;

1. Hukum Kelembaman (dalam Fisika) -- yang pada dasarnya ditujukan untuk pergerakan benda, maka dalam hal ini dipakai dengan tujuan berbeda, tapi substansinya sama yaitu : JIKA SESUATU SEBELUMNYA "A" MAKA AKAN CENDERUNG "A".
Artinya jika seseorang pada hari sebelumnya LIBUR , maka sesuai hukum kelembaman, maka ia akan cenderung untuk "terus" LIBUR

2. Comfort Zone -- orang cenderung untuk "malas" keluar dari zona nyaman. Ketika di hari libur sebelumnya, mereka dapat lebih santai. Saat datang Senin, mereka harus SEGERA dan SIAP untuk beraktifitas kembali [sebuah survey bahkan pernah menyatakan bahwa tingkat produktifitas di hari Senin hanya sekitar 70%]

3. Kondisi yang "agak" melelahkan di hari Minggu (libur) bagi mereka yang bepergian "jalan-jalan" dengan keluarga, atau kegiatan yang "ekstra" lainnya.

Lantas, apakah kita akan terus dengan kondisi "I don't like Monday" ini ?
Sebenarnya ada 2 (dua) hal yang bisa dilakukan :

1. Pindah ke negara yang hari pertama dalam satu pekannya adalah Hari Minggu (seperti negara-negara Timur Tengah dan lainnya). Karena itulah hari Minggu disebut Ahad (yang artinya 1). Hari pertama.
Kalau tidak pindah, mungkin organisasi/tempat bekerja yang mengubah aturan hari kerja. Insya Allah , tidak akan ada lagi Monday Sick.
Mungkin untuk poin 1 ini kecil kemungkinan bisa dilakukan !

2. Mengubah paradigma berpikir kita, dimana aktivitas kita pada hari Senin (dan berlaku juga untuk hari-hari lainnya) adalah sebuah IBADAH. Bukan rutinitas yang membosankan. Tetapi sarana untuk memperoleh pahala dan keredhaan Tuhan.
Jadikan ladang amal setiap hari dimana kita beraktifitas.

Penyakit ini memang tidak bisa segera sembuh hanya dengan membaca dan mengetahuinya saja
Tetapi harus di lakukan, dikerjakan, dan diamalkan !

Selamat Bekerja !

Jika sakit berlanjut, tanya kembali diri anda !
Apakah amanah hidup di dunia ini , dapat dijalankan tanpa semangat ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar