Selasa, 25 September 2012

1

Organisasi (organisation, organization, dalam bahasa inggris) memiliki akar kata yang sama dengan organisme (makhluk hidup), yaitu organon (bahasa Yunani). Secara tak langsung kita bisa mengatakan bahwa sebuah organisasi adalah ibarat makhluk hidup.Organisasi juga dimaknai sebagai sebuah corporation, yang memiliki akar kata corpus (dalam bahasa Latin) yang artinya tubuh.
Kita juga mendengar organisasi disebut juga sebuah "badan".

Sehingga kita bisa menyimpulkan, bahwa organisasi/corporation adalah ibarat tubuh dari suatu makhluk hidup.

Bayangkan jika kemudian tubuh makhluk hidup itu adalah tubuh kita, manusia. Ketika kaki kita tersandung batu, maka yang merasakan akibat dari sandungan itu adalah kaki, mulut yang akan mengaduh, kepala yang berdenyut, degupan jantung yang makin cepat karena kita khawatir, dan bagian tubuh yang lainnya (seperti tangan yang reflek memegang kaki, atau mata yang "memelototi" bagian yang kena sandung).
Denga kata lain, semua anggota tubuh juga merasakan sakit.

Begitu pun sebenarnya yang terjadi ketika hal positif yang terjadi. Saat perut kekenyangan, maka yang merasakan dampaknya bukan perut itu sendiri, tapi mata yang akan mengantuk, punggung yang minta disandarkan, kaki yang minta diistirahatkan, mulut yang terbuka tiap sebentar karena menguap, dan bagian tubuh lainnya. Denga kata lain, semua anggota tubuh juga merasakannya.

Pembaca yang berbahagia..

Demikian jugalah analoginya jika dalam organisasi seperti Fakultas Ekonomi UNP, yang terdiri dari berbagai anggota (dosen, karyawan, mahasiswa, dan lainnya).Ketika ada yang menderita sakit, maka yang lain juga merasakannya. Kalau ada yang berbahagia, semua juga turut berbagi kebahagiaan.

Saat ini, Bapak Gesit Thabrani sedang dirawat di RS. M. Djamil, pasca operasi "kista tiroid". Sampai postingan ini dikirim, beliau ada di Kamar Dahlia No.20 (Embun Pagi). Ibu Lili Anita, pasca dirawat di RS Yos Sudarso, juga sedang menjalani perawatan di rumah beliau. Mungkin juga ada Bapak/Ibu dosen, karyawan, mahasiswa dan seluruh keluarga besar FE UNP yang juga dalam perawatan, atau suasana duka, maka kita merasakan juga duka/sakit yang diderita tersebut.
Do'a dan harapan agar diberi kesembuhan seperti sediakala dan memperoleh kesabaran dalam menjalaninya.

Rasulullah SAW bersabda: “Perumpamaan orang-orang yang beriman di dalam saling mencintai, saling sayang menyayangi dan saling kasih mengasihani adalah seperti satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang mengaduh kesakitan maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakannya, yaitu dengan tidak bisa tidur dan merasa demam”. (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW juga menegaskan  “Mukmin yang satu terhadap mukmin yang lain adalah seperti satu bangunan. Bagian yang satu menguatkan bagian yang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Musa ra)

We are together as one
One big family

Tidak ada komentar:

Posting Komentar