Senin, 17 September 2012

Wish You'd Done

Perasaan sukacita, bahagia, bercampur haru dan sedih bersemayam di hati para calon wisudawan/wisudawati menjelang hari-hari inaugurasi yang terjadi sekali seumur hidup itu (untuk jenjang pendidikan yang ditempuh). Bahagia dan bangga karena berhasil menyelesaikan studi dan membuat orang-orang tercinta tersenyum bahagia dengan keberhasilan itu. Haru dan sedih karena harus meninggalkan kampus tercinta, teman-teman seperjuangan dan berbagai kenangan "indah" lainnya.

Pun demikian untuk mahasiswa Universitas Negeri Padang khususnya Fakultas Ekonomi. Sebanyak 351 orang calon wisudawan/wisudawati dari jenjang S1 (4 prodi-PE, AK, M, EP) dan D3 (AK dan MP) sepertinya merasakan tanggal 29 September 2012 begitu lambat datangnya. Perasaan tidak sabar dan "deg-degan" menunggu momen bersejarah tersebut.

Walaupun tidak mengeneralisasi semua wisudawan/wisudawati, masalah "apapun yudisiumnya" atau "berapapun nilai transkip" seakan-akan menjadi urutan yang kesekian, dibanding hilangnya "derita" saat menuntut ilmu di perguruan tinggi. Selamat atas keberhasilan seluruh calon  wisudawan dan wisudawati  !

Pembaca yang berbahagia. Khususnya para calon wisudawan/wisudawati..

Meskipun ini bukan "kata-kata" terakhir (karena tentu saja kita tetap dapat berkomunikasi -- jika diberi ijin oleh Allah SWT) , maka pada kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan beberapa hal-- yang saya harap telah dilakukan (i wish you had done) :

1. Bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan YME atas segala kemudahan yang diberikan kepada anda dalam menyelesaikan studi. Disamping begitu banyaknya nikmat dan karunia yang telah anda perolehse.lama ini

2. Salami, peluk, dan ciumi  kedua orangtua atau bagi orangtuanya yang telah meninggal, ziarahi makamnya dan berikan do'a kepada beliau. Sampaikan terimakasih yang seikhlas-ikhlasnya, karena tanpa mereka anda tidak akan mungkin berhasil seperti ini.

3. Kepada guru-guru, mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Termasuk juga guru mengaji dan orang-orang yang telah mengajari anda walaupun bukan di jalur formal, serta semua orang yang telah membantu anda. Jangan lupakan mereka, walaupun mereka Insya Allah ikhlas membantu anda.

Semoga ucapan terimakasih dan penghargaan yang biasanya ada di kata pengantar skripsi/tugas akhir bukan sekedar "formalitas" belaka, tapi betul-betul dijiwai dan direalisasikan

4. Jika diberi kelapangan rezeki, keluarkanlah infaq dan sedekah, agar lebih diberkahi oleh Allah SWT.

5. Persiapkan diri untuk menghadapi "dunia nyata" dengan memantapkan hardskill dan softskill
[meskipun calon wisudawan/wisudawati FE UNP tidak lagi memperoleh training personality development , bukan berarti "ilmu" nya tidak bisa dipelajari mandiri]

6. Bacalah buku-buku tentang bagaimana membuat surat lamaran yang baik, membuat curriculum vitae yang baik, dan juga buku soal-soal tes perekrutan , psikotest, dan buku-buku interview. Latih diri untuk menghadapi itu !

7. Pro-active mencari informasi lowongan kerja. Jangan merasa cukup dengan 10 atau 20 surat lamaran. Kirimkan lebih banyak lagi, tetapi jangan lupa anda kumpulkan potongan iklan dan informasi lowongan tersebut agar jika sewaktu-waktu terpanggil, anda tidak kebingungan tentang posisi apa yang dilamar dan lainnya.

8. Perbaiki ibadah dan selalu memohon pertolonganNya.Hilangkan perasaan sombong dan takabur, karena sifat tersebut hanya akan merugikan diri sendiri

Bagi yang ingin menjadi entrepreneur, semoga dimudahkan jalannya oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. jangan mudah menyerah ! Keberhasilan memang tidak mudah diraih. Tetapi ia tidak akan bisa diraih kalau kita tidak mencoba melakukannya.

Mungkin masih banyak hal-hal yang mestinya telah dilakukan dan mestinya terus akan dilakukan oleh calon wisudawan/wisudawati. Postingan ini hanya sebagian kecil. Postingan ini bukan menggurui tetapi untuk mengingatkan kita semua. Tidak perlu ditanggapi dengan sempit hati. Mudah-mudahan bermanfaat..

Selamat Wisuda !
Wish You Luck !


     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar