Sabtu, 15 September 2012

I'm Tired !

Saya mengambil judul diatas terinspirasi oleh tayangan reality show Face-Off edisi 11/9/2012, yang ditayangkan channel beTV (salah satu channel yang di provide oleh penyedia tv berbayar). Sebuah acara kompetisi untuk para calon design make-up artist dan  penciptaan karakter-karakter spesial (sehingga kita di film akan melihat sosok monster, zombie, dan lainnya).

Dalam episode yang sudah memasuki eliminasi akhir sebelum grand-final, seorang peserta ketika memasuki tahap penciptaan sebuah karakter, ternyata tidak berhasil membuat para juri terkesan. Ketika ditanya, Megan (nama peserta itu) menjawab bahwa alasan dia tidak maksimal adalah karena kelelahan. I'm tired ! demikian dia mengulang kata-kata tersebut sampai tiga kali.

Kompetisi yang menguras emosi dan tenaga tersebut memang dilakukan maraton sehingga tidak dipungkiri rasa lelah pasti dirasakan para peserta. Manusiawi menurut kita. Tetapi tidak untuk para juri !
Seorang kontestan HARAM untuk menjadikan alasan lelah untuk performa buruk yang dilakukannya. Siapa yang tidak lelah ?! Tetapi dalam sebuah kompetisi, alasan lelah tidak bisa diterima !

Pembaca yang berbahagia...

Ilustrasi diatas menjadi pengantar atas sharing saya kali ini berkaitan dengan KOMPETISI DALAM KEHIDUPAN. Mungkint seakan-akan "lebay" dengan mengatakan bahwa kita menjalani kompetisi dalam kehidupan ini, tetapi demikianlah adanya.Ketika masih dalam proses pembuahan sel telur oleh sel spermatozoid orang tua kita, kita sebenarnya telah melakukan sebuah kompetisi. Pemenang dari proses yang melelahkan dalam kejadian pembuahan itu adalah KITA. Anda atau saya, alhamdulillah lahir dengan selamat kira-kira 9 bulan sejak peristiwa "hebat" itu.

Perjalanan hidup yang kemudian kita jalani kemudian, sebenarnya juga merupakan kompetisi/persaingan. Saat kita bayi sampai sekarang, bukankah secara tidak kita sadari, tubuh dan seluruh sistem yang ada didalamnya telah melakukan "pertempuran" melawan berbagai serangan bibit penyakit ? Dengan usaha terbaik orangtua kita, ikhtiar memilih makanan yang halal dan baik, serta tentu saja atas ijinNya , maka sebagian besar kita sampai saat ini masih sehat wal'afiat.

Saat masuk sekolah, tidak terhitung kita telah melakukan berbagai kompetisi. Kompetisi untuk jadi yang terbaik di kelas, kompetisi untuk masuk sekolah yang lebih tinggi (SMP, SMA, Perguruan Tinggi). Kemudian kompetisi untuk mendapatkan pekerjaan. Kompetisi untuk memperoleh pendamping hidup dan demikian seterusnya, Hidup adalah persaingan dan sudah seharusnya kita berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khairat!).

Lalu apakah dalam rangkaian perlombaan dan kompetisi tersebut kita tidak bisa lelah ? Tentu saja bisa ! Tetapi kelelahan tersebut seharusnya tidak menjadi alasan pembenaran atas ketidakmaksimalan upaya kita. Kitalah "tuan"atas diri kita sendiri. Atur dan jagalah tubuh dan jiwa yang ada di dalamnya untuk senantiasa SIAP dalam setiap kompetisi.

Seandainya kelelahan tidak dapat dihindari, jangan kemudian di sampaikan dan menjadi alasan pembenaran (seperti kasus diatas). Orang-orang akan memandang kita TIDAK SEMANGAT dan seakan-akan MENYERAH terhadap perjuangan yang kita lakukan. Sekali lagi manusiawi sekali jika kita merasa lelah, tetapi sekali lagi juga, tidak untuk menjadi dalil pembenaran !

Akhir kehidupan yang fana adalah kematian dan kehidupan setelah itu. Semoga kita senantiasa termotivasi unuk TERUS berbuat yang terbaik, menjadi yang terbaik dalam setiap amalan kebaikan yang kita lakukan, selalu berusaha menjadi bagian dalam kelompok orang-orang yang nomor satu menentang kemungkaran, menjadi yang terdepan dalam bidang keilmuan kita masing-masing agar bisa berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dan bangsa ini. Insya Allah...

Saya kutip apa yang pernah dikatakan Napoleon Bonaparte dengan sedikit perubahan :

Jika ada 1000 orang yang akan melakukan kebaikan, maka saya adalah salah satunya.
Jika ada 100 orang yang akan melakukan kebaikan, maka saya adalah salah satunya.
Jika ada 10 orang yang akan melakukan kebaikan, maka saya adalah salah satunya.
Jika hanya ada 1 orang saja yang akan melakukan kebaikan, maka saya adalah orangnya !

Salam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar