Kamis, 06 September 2012

Carpe Diem

Yesterday is history. 
Tomorrow is a mystery. 
Today is a gift, 
that's why it is called the present
( Oogway - The Master Turtle, Kung Fu Panda)


Menjalani hari demi hari bagi kita yang kurang memaknainya terasa hanya sebatas begitu-begitu saja. Rutinitas. Dari itu ke itu saja. Terkadang ada peristiwa yang agak "besar", tetapi banyak yang berlalu tanpa makna.

Tanpa niat menggurui, kita semua paham bahwa hidup kita sebenarnya adalah untaian hari-hari, rangkaian waktu demi waktu. Ketika sang masa bergulir, maka pada hakekatnya berkuranglah hidup kita.


Almarhum Gito Rollies pernah menyanyikan
lagu "Hari-Hari", seperti yang dikutip berikut ini :


Hari-hari datang dan pergi
Dan kemarin bukan hari ini
Yang telah berlalu
Ingatlah selalu
Syukurilah hari ini
Hari-hari datang dan pergi
Hari esok bukan hari ini
Yang akan datang
Itu harapan

Sebuah lagu penuh makna, bagi kita yang mau membuka hati dan pikiran kita.

Kita menyepakati bahwa sebagaimana quotation dari film Kung Fu Panda diatas (ada yang mengatakan bahwa quotation tersebut berasal dari Eleanor Rosevelt, ada juga yang lebih memilih bahwa quotation tersebut berasal dari seseorang yang tidak dikenal-- Anonymous) , bahwa begitu bermaknanya HARI INI. SAAT INI. WAKTU SEKARANG ! Sesuatu yang harus kita syukuri !

Dalam bahasa Latin, ada ungkapan "Carpe Diem" , sebuah frase yang bermakna "Raihlah Hari Ini" atau "Petiklah Hari Ini" . Sebuah kalimat yang menyiratkan arti, bahwa karena esok kita tidak tahu yang akan terjadi (sebuah misteri), maka maksimalkanlah hari ini. Karena hanya dan hanya hari ini yang kita miliki. Kalau kemaren sudah berlalu, esok belum tahu.

Pembaca yang berbahagia..
Tentu  HADIAH (a gift/present) waktu saat ini betul-betul kita maksimalkan. Kita lejitkan potensi kita untuk berbuat semaksimal mungkin hari ini, berkarya dan berprestasi seolah-olah kita akan hidup selamanya, dan kita maksimalkan ibadah kita hari ini, seolah-olah esok hari kematian kita.

Carpe Diem !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar